WEB? pasti kalian pernah berpikir apa itu web daripada kalian berpikir lama mari baca blog saya ini tentang web.
Teknologi Web
Aplikasi web adalah suatu aplikasi yang berbentuk klien/server yang dapat membentuk halaman-halaman web berdasarkan permintaan pemakai. Klien adalah pemakai yang meminta halaman web, sedangkan server adalah penyedia layanan yang melayani permintaan dari pemakai. Klien dan server berhubungan dalam suatu jaringan Internet atau Intranet. Web dapat diakses oleh berbaga iplatform dengan menggunakan browser, misalnya Internet Explorer,Mozilla,Opera, dan lain-lain. Model dari aplikasi web dapat kita lihat seperti pada gambar di bawah :
Proses pengaksesan suatu web yaitu klien melakukan permintaan suatu halaman web kepada server, kemudian server akan mencari halaman yang diminta dan mengembalikannya dalam bentuk kode kode HTML. Kode-kode HTML ini akan didownload oleh komputer klien dan kemudian akan diterjemahkan oleh browser menjadi suatu tampilan halaman web.
Kemudian saya akan memberitahukan sedikit tentang profesi WEB.
Web Designer
Seorang designer web adalah orang yang bertanggung jawab untuk menentukan tampilan sebuah website. Tugasnya adalah mendesain tampilan situs (web) mulai dari pengolahan gambar, tata letak, warna, dan semua aspek visual situs. Fokus utama mereka adalah tampilan/layout dari web. Mereka lebih konsen dengan bagaimana halaman terlihat dan apakah berfungsi sempurna ketika sudah diberikan bahasa pemograman. Dalam pendandanan suatu situs seorang Web Designer harus menguasai :
- HTML, DHTML
- Pengolah gambar
- Animasi, Movie (Film)
Web Programmer
- HTML, DHTML
- Pengolah gambar
- Animasi, Movie (Film)
Web Programmer
Web programmer bertugas dalam melakukan pengcodingan atau pemograman sebuah website agar dinamis, dimana agar sebuah web tersebut dapat terlihat mudah bagi seorang web admin.
Jika situs yang akan dibuat mempunyai fasilitas interaksi antara pengunjung dan situs misalnya menyangkut dengan transaksi, input output data dan database maka seorang Web Progammer yang akan mengerjakannya dengan membuat aplikasi-aplikasi yang bekerja diatas situ (web). Penguasaan yang biasanya harus dikuasai pada umumnya oleh Web Programmer :
- CGI Perl, PHP, MySQL (Unix base)
- ASP (NT base)
- Java Script dan Applet
Web Administrator
Tugasnya adalah untuk memaintenance suatu server, mengerti akan sistem operasi server, baik itu mulai dari instalasi sampai kepada masalah (troubleshooting), biasanya seorang Web Administrator harus menguasai :
- OS Unix (Linux, FreeBSD, dll)
- OS NT
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet)
- Keamanan server
Web Master
- OS Unix (Linux, FreeBSD, dll)
- OS NT
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet)
- Keamanan server
Web Master
Seorang web master adalah seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari desain, program dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggung jawabkan atas jalannya suatu situs (web). Penguasaan yang harus dimiliki :
- HTML, DHTML
- CGI Perl, PHP, MySQL, ASP, Java
- Penguasaan bermacam OS (Operating System)
- Keamanan server
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet)
Web Developer
Kegiatan diatas secara keseluruhan dinamakan suatu team yang dinamakan Web Developer. Web Developer memberi bantuan seperti konsultasi web, konsep web yang akan dibuat, membangun sebuah website.
Sejarah Tentang Web
Website berupa halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga dapat diakses diseluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet, yang terdiri dari teks, gambar, suara dan animasi.
Secara terminologi, website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di dalam internet.
Tahun 1991, Sir Timothy John dari Tim Berners-Lee dan peneliti lain di European particile physics Lab (Consei Eouropeen Poor La Pecherche Nucleaire atau CERN) di Genewa, Swiss mengembangkan suatu cara untuk men-share data antarkoleganya dengan mengunakan yang disebut hypertext. Jalan pintas CERN di gunakan sebagai dasar dari yang di sebut WWW dan berikut serever dan browser webnya (sekarang pemeliharaan oleh W3C (World wide web consoertium).
Tujuan dari dibuatnya website pada saat itu yakni untuk mempermudah tukar menukar dan memperbaharuiu informasi kepada sesama peneliti di tempat mereka bekerja. Dengan demikian pengertian website saat itu masih sebatas tukar menukar informasi, bukan pengertian website secara terminologi.
Website pertama kali dipublikasikan setelah adanya pengumuman dari CERN pada tanggal 30 April 1993. CERN manyatakan bahwa website sudah masuk ke dalam ranah publik karena sudah bisa digunakan oleh semua orang dimanapun dan kapanpun.
Ø Cara Kerja Web
berikut adalah langkah-langkah cara kerja website :
1) Pengungjung website mengertikan alamat yang akan dituju ,misalnya http://facebook.com
2) Melalui jaringan internet , pengunjung bisa melakukan request alamat , http://facebook.com ke rigistar
3)Kemudian registar memrintahkan DNS Server mencari alamat yang di-request
4) Setelah DNS Server menemukan alamat http://facebook.com dan memerintahkan hosting server untuk memberikan file-file yang ada pada halaman website tersebut kepada pengunjung.
5)File-file yang di berikan oleh Hosting Server ini akan di tampilkan dalam bentuk halaman website melalui web browser.misalnya : mozila,google chorme.
Berdasarkan persepsi dari beberapa pengembang perangkat lunak dan ahli-ahli dalam bidang rekayasa perangkat lunak (software engineering professional), Pengembangan Aplikasi Web tidaklah sama dengan rekayasa perangkat lunak walaupun keduanya melibatkan pemrograman dan pengembangan perangkat lunak.
Walaupun banyak mengadopsi prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak, Pengembangan Aplikasi Web memiliki banyak pendekatan, metoda, alat bantu, teknik dan panduan yang memenuhi persyaratan pembuatan sistem berbasis web.
Pengembangan sistem berbasis web berbeda dengan pengembangan perangkat lunak konvensional, dimana pengembangan sistem berbasis web lebih banyak menghadapi tantangan. Pengembangan Aplikasi Web adalah gabungan dari print publishing dan pengambangan perangkat lunak, diantara marketing dan perhitungan dan diantara seni dan teknologi.
Alternatif model dari Pengembangan Aplikasi Web adalah sebagai berikut :
Formulasi (formulation)
Kegiatan yang berfungsi untuk merumuskan tujuan dan ukuran dari aplikasi berbasis web serta menentukan batasannya sistem.
Tujuan yang ingin dicapai bisa dibedakan menjadi dua kategori, yaitu :
Tujuan yang bersifat informatif
Menyediakan suatu informasi tertentu kepada pengguna, berupa teks, grafik, audio, dan video.Tujuan yang bersifat fungsional
Kemampuan untuk melakukan suatu fungsi yang dibutuhkan pengguna, misal dengan menggunakan aplikasi tersebut seorang guru dapat memperoleh nilai akhir dan statistik nilai guru dari data-data ujian, tugas, kuis yang ia input ke dalam aplikasi.
Perencanaan (planning)
Kegiatan yang digunakan untuk menghitung estimasi biaya proyek pembuatan aplikasi berbasis web ini, estimasi jumlah pengembang, estimasi waktu pengembangan, evaluasi resiko pengembangan proyek, dan mendefinisikan jadwal pengembangan untuk versi selanjutnya (jika diperlukan).
Analisis (analysis)
Kegiatan untuk menentukan persyaratan-persyaratan teknik dan mengidentifikasi informasi yang akan ditampilkan pada aplikasi berbasis web. Analisis yang digunakan pada rekayasa web dilakukan dari empat sisi, yaitu :
Analisis isi informasi
Mengidentifikasi isi yang akan ditampilkan pada aplikasi berbasis web ini. Isi informasi dapat berupa teks, grafik, audio, maupun video.
Analisis interaksi
Analisis yang menunjukkan hubungan antara web dengan pengguna.
Analisis fungsional
Analisis tentang proses bagaimana aplikasi berbasis web ini akan menampilkan informasi kepada pengguna.
Analisis konfigurasi
Konfigurasi yang digunakan pada aplikasi berbasis web, internet, intranet, atau extranet. Selain itu, analisis ini juga meliputi relasi database dengan web jika diperlukan.
Rekayasa (engineering)
Terdapat dua pekerjaan yang dilakukan secara paralel, yaitu desain isi informasi dan desain arsitektur web.
Pada saat tahap desain, ada beberapa hal yang perlu dilakukan :
Pembuatan Diagram Wireframe (Gambar Rangka), tujuan dari diagram gambar rangka adalah untuk menunjukkan bagaimana lay out halaman web dan menunjukkan di mana fungsi dan konten seperti navigasi, kotak pencarian, elemen bentuk dan sebagainya, tanpa desain grafis. Berikut ini contohnya :
Gambar. Diagram Wireframe sebuah halaman web.
Diagram Situs, Sebuah diagram situs menunjukkan struktur situs secara keseluruhan dan bagaimana halaman individual berhubungan satu sama lain. Gambar dibawah menunjukkan diagram situs yang sangat sederhana
Gambar. Diagram Situs
Storyboard dan diagram alir pengguna, Storyboard ini bertujuan untuk menunjukkan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas, opsi yang mungkin, dan juga memperkenalkan beberapa standar jenis halaman. Gambar 1-3 menunjukkan storyboard sederhana
Untuk perangkat pengembang aplikasi web dapat dikelompokan menjadi perangkat keras dan perangkat lunak:
- Perangkat keras
- Perangkat lunak
- Web Page Authoring
- HTML Editor
- Aplikasi Editing Gambar dan Menggambar
- Aplikasi internet
- Aplikasi transfer file atau FTP (File Tranfer Protokol)
Perangkat Keras
Untuk lingkungan pengembangan web yang nyaman,berikut ini perangkat keras yang sebaiknya disediakan:Komputer utama,dengan operating system Macintosh,Windows, ataupun Linux. Perusahaan pengembang web profesional cenderung berbasis Macintosh.
- Memori tambahan. Sebaiknya computer memiliki memori yang besar, karena dalam pengembangan web cenderung kita akan membuka beberapa aplikasi sekaligus.
- Sebuah monitor besar. Meskipun bukan keharusan, monitor besar memudahkan untuk desainer visual. Semakin besar monitor , semakin banyak jendela dan panel kontrol dapat terbuka pada waktu yang sama.
- Sebuah scanner dan/atau kamera digital.Jika mengantisipasi membuat gambar dan tekstur sendiri, akan memerlukan beberapa alat untuk membuat gambar.
- Sebuah komputer kedua.Banyak web designer merasa berguna memiliki komputer penguji yang menjalankan platfrom yang berbeda dari komputer utama yang mereka gunakan untuk pengembangan. Karena browser kerja yang berbeda pada mac dan pada mesin windows, itu penting untuk menguji halaman web dalam sebanyak mungkin system operasi berbeda.
- Perangkat mobile/smartphone. Saat ini banyak orang mengakses web melalui smartphone/tablet, sehingga kita perlu menguji penampilan dan kinerja situs web yang kita buat pada mobile browser pada smartphone atau perangkat tablet. Namun saat ini banyak web emulator yang dapat digunakan sebagai penguji web kita
- Sebuah Scanner dan/atau kamera digital. Jika mengantipasi membuat gambar dan tekstur sendiri, akan memerlukan beberapa alat untuk membuat gambar.
- Sebuah komputer kedua. Banyak web designer merasa berguna memiliki komputer penguji yang menjalankan platform yang berada dari komputer utama yang mereka gunakan untuk pengembangan. Karena browser kerja yang berada pada Mac dan pada mesin Windows, itu penting untuk menguji halaman web dalam sebanyak mungkin system operasi berbeda.
- Perangkat mobile/smartphone. Saat ini banyak orang mengakses web melalui smartphone/tablet, sehingga kira perlu menguji penampilan dan kinerja situs web yang kita buat pada mobile browser pada smartphone atau perangkat tablet. Namun saat ini banyak web emulator yang dapat digunakan sebagai penguji web kita
Ini adalah kelompok perangkat lunak seperti desktop publishing tetapi format yang dihasilkan adalah halaman web. Aplikasi ini biasanya bersifat "WYSIWYG" (What You See Is Wahat You Get, dibaca "whizzy-wig") yaitu apa yang kamu lihat , itulah yang kamu dapat. Jadi aplikasi inibiasanya ketika membuat tampilannya seperti yang akan dihasilkan. Contohnya : Adobe Dreamweaver, Microsoft Expression web, Nvu.
HTML Editor
Ini adalah kelompok perangkat lunak yang kebalikan dari Adobe Dreamweaver dan Micrsoft Expression web. Aplikasi ini tidak lagi "WYSIWYG" ("What You See Is Wahat You Get") tetapi lebih ke kode HTML. Beberapa contoh aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini : Notepad (Windows), text sublime (Windows dan Linux), Coda (Machintosh), BBEdit, all.
Aplikasi editing gambar dan menggambar
Untuk menambahkan gambar ke galaman web, akan perlu program editing gambar. Berikut ini beberapa aplikasi yang cukup populer :
- adobe Photoshop. Photoshop dapat dikatakan sebagai standar industri untuk penciptaan gambar baik dalam cetak maupun dunia web.
- Adobe Photoshop Elements. Versi ini lebih ringan dari Photoshop dirancang untuk mengedit foto dan manajemen, tetapi beberapa penggemar menemukan bahwa ia memiliki semua alat yang diperlukan untuk menempatkan gambar pada halaman web.
- Adobe Illustrator. karena desainer perlu membuat logo, ikon, dan ilustrasi di berbagai ukuran dan resolusi, untuk itu semua aplikasi ini sangat membantu. Aplikasi ini juga dapat dipadukan dengan Photoshop
- Adobe Fireworks. Program grafis web ini menggabungkan editor foto dengan alat untuk membuat illustrasi berbasis vektor. Ia juga memiliki alat-alat canggih untuk grafis web.
- Corel Paint Shop Photo Pro (Windows saja). Editor gambar yang penuh fitur ini populer dipengguna Windows, terutama karena harga yang rendah.
Karena hasil akhir dari pengembangan halaman web digunakan di Internet, maka diperlukan beberapa aplikasi untuk membuka halaman web , biasa disebut "browser". Berikut ini beberapa aplikasi browser yang cukup populer :
- Windows
- Internet Explorer
- Google Crome
- Mozila Firefox
- Safari
- Opera
- Macinthosh OS X :
- Google Crome
- Mozila Firefox
- Safari
- Opera
- Browser perangkat bergerak (mobile)
- Mobile Safari (iOS)
- Adroid Browser (Android)
- BlackBerry Browser (RIM)
- Nokia Series 40 and Nokia Browser for Symbian
- Opera Mobile and Mini (installed on any device)
- Internet Explorer Mobile (Windows Phone)
- Silk (kindle Fire)
0 komentar:
Posting Komentar